
Apa itu CUCM?
By Admin
at 2025-02-21 15:12:44,
last updated: 2025-02-21 15:12:44
Secara mudah CUCM atau Cisco Unified Communications Manager adalah sebuah perangkat yang dimaksudkan untuk mengatur lalu lintas data voice pada perangkat Cisco. CUCM itu semacam protokol atau server yang ada pada cisco, alatnya bekerja pada layer Call Control, dibawah Infrastructure(Router, Switch, QoS, Availability dll). Penggunaannya untuk call, vidcon, CS contact center, VC, dan Third-Party Applications lain untuk messeger. Diantara kegunaan yang disebutkan, berikut penjelasannya..
- IP Telephony
Ini mengacu pada teknologi yang mentransmisikan komunikasi suara jaringan yang menggunakan Alamat IP. CUC (Cisco Unified Communications) mencakup perangkat keras dan produk perangkat lunak, seperti call-processing agents, IP Phones (baik kabel maupun nirkabel), Voice-Messaging Systems, Video Devices, dan banyak aplikasi khusus lainnya.
- Customer Contact Center
Product Cisco IP Contact Center ini kurang lebih seperti menggabungkan strategi arsitektur untuk memungkinkan komunikasi pelanggan yang efisien dan efektif di seluruh jaringan yang bisa di akses pada suatu jaringan. Strategi ini memungkinkan organisasi untuk mengambil dari cakupan yang lebih luas sumber daya untuk melayani pelanggan.
- Video Telephony
Salah satu keuntungan menggunakan CUCM antara lain adalah Video Telephone, memungkinkan real-time Video Communications and Collaboration menggunakan IP network yang sama dan call-processing agent sebagai Cisco Unifed Communications. Dengan Cisco Unified Video, memakai video call akan terasa mudah seperti hanya making video call semudah menekan nomor telepon. Perangkatnya sendiri ada 2 jenis, ada yang satu dengan IP phone ada yang misah alatnya sendiri.
- Rich-media conferencing
Cisco Conference Connection dan Cisco Unified Meeting Place menyempurnakan lingkungan virtual meeting dengan seperangkat alat berbasis IP terintegrasi untuk konferensi suara, video, dan web.
- Third-party applications
Cisco bekerja dengan perusahaan terdepan untuk menyediakan banyak pilihan aplikasi dan produk komunikasi IP pihak ketiga. Kolaborasi ini membantu bisnis fokus pada kebutuhan penting seperti perpesanan, layanan pelanggan, dan pengoptimalan tenaga kerja.
Fungsi CUCM
Dalam fitur VOIP juga bisa mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Kemudian adapun fungsi-fungsi daripada CUCM sendiri ini, adalah sebagai berikut:
- Call Processing : Merujuk pada proses routing, originating, and mengakhiri panggilan, termasuk proses penagihan dan pengumpulan statistik.
- Signaling and Device Control : CUCM menyiapkan semua sinyal koneksi antara titik akhir panggilan dan mengarahkan perangkat seperti telepon, gateway, dan jembatan konferensi untuk membangun dan menghancurkan koneksi streaming.
- Phone feature administration : CUCM memperluas layanan seperti hold, transfer, forward, conference, speed dial, last-number redial, call park, dan fitur lain untuk IP Telephone dan gateway.
- Directory Services : CUCM menggunakan database-nya sendiri untuk menyimpan informasi pengguna. Anda dapat mengautentikasi pengguna baik secara lokal atau terhadap eksternal direktori. Anda dapat menyediakan pengguna dengan sinkronisasi direktori. Dengan direktori sinkronisasi, Anda dapat secara otomatis menambahkan pengguna dari direktori ke database lokal. Terdukung Microsoft Active Directory (2000 dan 2003), Netscape 4.x, iPlanet 5.1, dan Sun ONE 5.2.
- Programming interface to external Applications : CUCM menyediakan interface pemrograman untuk aplikasi eksternal seperti Cisco IP SoftPhone, Cisco IP Communicator, Cisco Unified IP Interactive Voice Response (IVR), Cisco Personal Assistant, dan Cisco Unified Communications Manager Attendant Console.
- Backup and restore tools : Cisco Unified Communications Manager menyediakan alat Disaster Recovery System (DRS) dengan maksud untuk membuat cadangan dan memulihkan Cisco Unified Communications Manager configuration database, serta Call Detail Records (CDR) dan Cisco Unified Communications Manager CDR Analysis dan Reporting (CAR) database.
Cara kerja CUCM :
CUCM menggunakan Session Initiation Protocol (SIP) atau Skinny Client Control Protocol (SCCP) unutk berkomunikasi dengan Cisco IP Phones, untuk call setup dan maintenance tasks.
Contoh Basic Panggilan IP Phones:
Mari kita bayangkan, apabila ada 2 ip phone (A dan B) ingin melakukan call, ketika A mengambil gagangnya sebuah pesan terkirim ke CUCM, kemudian merespons dengan memberitahu A untuk menyetel dial tone yang telah tersimpan pada di flash memory phonenya.
Setelah itu, user mengetikan nomor tujuan ke B. (protokol)SCCP phones mengirim digit nomor ke CUCM (saat dipencet satu persatu), sedangkan (protokol)SIP phones mengirim digit dalam satu pesan secara default. SIP phones memiliki opsi yang memungkinkannya berperilaku mirip dengan SCCP.
Setelahnya, CUCM menganalisa digitnya, jika cocok, maka akan dirutekan panggilan sesuai konfigurasinya, kalo tidak akan dilakukan pemanggilan ulang ke A.
CUCM memberi sinyal kepada A untuk memulai ringback, sehingga A akan mendengar nada dering balik. CUCM juga memberi sinyal panggilan ke B, yang memutar nada dering.
Informasi tambahan diberikan ke telepon untuk menunjukkan panggilan dan disebut nama dan party number. (Telepon A akan menunjukkan nama perangkat tujuan dan nomor, dan telepon B akan menampilkan nama dan nomor pihak pemanggil.)
Ketika B menerima panggilan tersebut, CUCM mengirim pesan ke perangkat membiarkan mereka mengetahui informasi soket IPv4 (alamat IPv4 dan nomor port) di mana mereka harus berkomunikasi selama panggilan. Jalur media RTP terbuka secara langsung di antara dua ponsel. Cisco IP Phones tidak memerlukan komunikasi lebih lanjut dengan CUCM sampai kedua telepon tersebut memanggil fitur, call transfer, call conferencing, atau call termination.
Karena dalam VOIP ini banyak sekali penggunaannya yang bisa diimplementasikan dalam lini bisnis, berikut mimin kasih contoh mengapa perlu menggunakan VOIP sebagai keuntungan dalam implementasi dalam dunia bisnis:
- Cost savings
Menghemat penggunaan biaya yang bisa dikeluarkan oleh perusahaan.
- Flexibility
Jadi disini apabila menelepon ke luar kota jika memiliki kantor di kota tsb bisa saling berkomunikasi dengan memakai jalur local.
- Fitur Tambahan:
- Advanced call routing
- Unified Messaging
- Integrated Information Systems
- Long-distance toll bypass
- Voice Security
- Customer Relationship
- Telephony Application Services
CUCM Cluster
CUCM mendukung teknologi clustering servers, untuk tujuan redundancy, dan Load Sharing. Database Redundancy disediakan dari common database across multiple servers. Call-Processing redundancy di dapat dari Call Manager Group setting di Multiple Servers yang terkoneksi ke device-nya untuk tujuan Fault Tolerance.
Database dalam CUCM dibagi 2, yaitu
- Static Configuration Data = Bagian dari config-an CUCM Cluster. Read/Writenya hanya bisa di Publisher saja. Subscriber hanya bisa process call tapi tidak bisa di modifikasi. dan karena static maka semua harus di set pada beberapa server yang akan menjadi backup-annya (replicating) dari publishernya. (fitur ini ada sebelum CUCM versi 6.0)
- User-Facing Features(UFF) = Yang dimaksud UFF adalah ketika publisher ini mati servernya, maka dari subscriber bisa mengedit informasi dynamic-nya. (Jadi bisa langsung di backup). Data UFF di duplikat ke seluruh subscriber
Nah, pada CUCM 6.0 database ini sudah di set ke dynamic configuration, sehingga apabila ada publisher yang mati beberapa dynamic information (UFF) bisa diedit pada subscriber. Kemudian, data di replicate pada sebuah subscriber server, kemudian update confignya di sebar ke seluruh servers subscriber yang terhubung dalam CUCM cluster.
Contoh UFF :
■ Message Waiting Indication (MWI)
■ Privacy, Enable/Disable
■ Do Not Disturb, Enable/Disable (DND)
■ Extension Mobility Login (EM)
■ Hunt Group Login Status
■ Monitor (future use)
■ Device Mobility
■ CTI CAPF Status (Computer Telephony Integration, Certificate Authority Proxy Function)
Back to Blog List